Posts Subscribe to InFoGauLComments

Mengaktifkan Windows Dreamscene di Windows 7

Mengaktifkan Windows Dreamscene di Windows 7
Windows Dreamscene adalah sebuah fitur yang pertama kali diperkenalkan pada windows vista ultimate yang memperkenankan video dan animasi yang kita inginkan untuk dipasang sebagai wallpaper desktop.

Salah satu keuntungan Dreamscene dibandingkan dengan metode animasi desktop yang sebelumnya ialah Dreamscene menggunakan GPU sebagai penampilnya, bukan CPU, sehingga CPU dapat bebas digunakan untuk tugas lainnya. Ketika sobat blogger menjalankankan program secara fullscreen seperti game atau yang lainnya, video akan berhenti secara otomatis karena video tidak akan terlihat dan akan mengurangi penggunaan CPU dan GPU. Selain itu, sobat blogger juga dapat menghentikan video secara manual.

Pada laptop, menjalankan video sebagai wallpaper dapat berdampak besar pada daya tahan baterai laptop, tidak peduli apakah dirender dengan GPU atau tidak, sehingga DreamScene mungkin menampilkan background statik pada saat laptop menggunakan baterai. DreamScene ini bergantung penuh pada Desktop Window Manager (DWM) yang menjadi bagian dari Windows Aero.

Fitur Windows DreamScene ini cukup menguras tenaga GPU dan CPU. Oleh karena itu, agar komputer  sobat blogger tidak tersendat-sendat dalam memutar DreamScene, minimal sobat blogger harus menggunakan dual core processor (CPU) seperti Intel Core Duo atau AMD Athlon X2, memory minimal 2 GB, serta kartu grafis (GPU) yang mendukung Windows Aero, DirectX 9.0, Pixel Shader Model 2.0, dan terpasang driver WDDM 1.1 yang tersertifikasi Windows, minimal Nvidia Geforce 7000 series, AMD Radeon X1000 series, atau Intel GMA 950.

Sayangnya, pada Windows 7 DreamScene telah digantikan dengan fitur lain “Desktop Slideshow” yang dapat menampilkan wallpaper ala slideshow, namun sayangnya tidak mendukung pemutaran video. Namun jangan kecewa karena ada sebuah trik untuk mengakalinya. Windows Vista DreamScene DLL dapat di-register pada Windows 7 untuk membuat fitur ini aktif. Kekurangannya, trik ini memiliki sedikit kekurangan (bug), yaitu label gambar pada desktop akan berubah menjadi transparan. Sekali lagi, jangan khawatir karena bug ini dapat diakali.

Windows 7 DreamScene Activator 1.1 adalah sebuah aplikasi gratis portable yang dapat mengaktifkan fitur DreamScene di Windows 7, baik semua versi dan edisi 32-bit maupun 64-bit. Bagi sobat yang kangen dengan fitur DreamScene ini, Anda dapat menambahkannya secara gampang pada Windows 7 sekarang. Pada komputer saya yang menggunakan laptop Compaq CQ40 dan OS Windows 7 Ultimate 32-bit, Windows DreamScene sukses diaktifkan dan digunakan tanpa ada masalah.

Apakah sobat blogger tertarik mengaktifkan windows dreamscne di windows 7? ?
berikut langkah - langkah untuk mengaktifkan fitur tersebut :
  1. Unduh Windows 7 DreamScene Activator 1.1 x86 x64. 
  2. Kemudian Instal program yang sudah di download tersebut, dan jangan lupa jalankan program sebagai Administrator. Jika Anda mendapatkan pesan “unhandled exception error“, klik Continue.
  3. Klik “Enable DreamScene”
  4. Mengaktifkan Windows Dreamscene di Windows 7
    Pada langkah ini, program akan meng-copy DreamScene.dll ke folder %WinDir%\System32 dan DreamScene.dll.mui ke folder %WinDir%\System32\en-US. Lalu, program akan meng-copy registry key dan nilainya yang diperlukan, kemudian me-restart Explorer. Setelah itu, fitur DreamScene dapat Anda gunakan.
Untuk mulai memutar video kesukaan sobat blogger sebagai DreamScene, ikuti petunjuk berikut:
  1. Klik kanan pada file video apapun yang berekstensi .wmv atau .mpg. Video ini bebas dapat berupa film, trailer film, ataupun video khusus DreamScene yang cantik berdurasi pendek yang dapat diambil dari situs berikut:
  2. http://www.dreamsceneseven.com/animatedwallpapers.htm 
    http://www.dreamscene.org/gallery.php 
    http://browse.deviantart.com/customization/?q=dreamscen


  3. Pilih “Set as Desktop Background”.
NB: 
Jika sobat blogger ingin menghentikan video yang sedang diputar, silahkan klik kanan pada area desktop lalu pilih pause dreamscene.


Ada beberapa hal yang perlu sobat blogger ketahui mengenai dreamscene ini :
  • DreamScene hanya dapat memutar format video yang berekstensi .mpg dan .wmv.
  • Jika muncul pesan error “Windows DreamScene can’t run as your desktop is now configured”, ini disebabkan Anda belum memberi tik pada opsi “Show translucent selection rectangle” pada Advanced System Settings -> Performance -> Settings.
  • Jika muncul pesan error “Windows DreamScene cannot run because the computer is currently using more than one video adapter”, ini disebabkan Anda menggunakan lebih dari satu kartu grafis (GPU).
Apabila setelah sobat blogger memutar video untuk DreamScene, ternyata pada desktop semua ikon label menjadi transparan dan tak terlihat, berikut saya berikan trik untuk mengakalinya agar menjadi jelas kembali:
  1. Klik kanan pada area desktop, kemudian pilih personalize.
  2. Pilih Desktop Background pada bagian paling bawah.



  3. Pada menu Picture position, pilih Fill.




  4. Klik tombol “Save Changes“. Tunggu beberapa saat, dan background desktop akan kembali kepada wallpaper default.
  5. Pilih video yang sobat blogger inginkan sebagai DreamScene kembali. Teks ikon pada desktop akan tetap terlihat berwarna putih.
Selesai sudah sobat blogger, jika ada kesulitan silahkan berkomentar dibawah ^^

thumbnail Title: Mengaktifkan Windows Dreamscene di Windows 7
Posted by:Herman Max
Rating: 9.5
Reviewer: 10 Reviews


Artikel Terkait:

Jika kalian pikir artikel ini bermanfaat untuk kalian dan orang lain, jangan ragu untuk mengklik salah satu tombol share social media yang berada tepat dibawah judul artikel.Sobat Blogger sedang membaca artikel Mengaktifkan Windows Dreamscene di Windows 7. Silahkan baca artikel Max's Blog yang lainnya dalam label / category . Sobat Blogger juga boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Mengaktifkan Windows Dreamscene di Windows 7 Sebagai sumber Aslinya dalam kotak dibawah ini.

3 comments:

Kang Ismet said...

Nice info sob... :)

Herman Max said...

@Kang Ismet Terima kasih dah berkunjung kang . . . :)

ridone hazn said...

thanks gan info'a..,

Post a Comment

Silahkan berikan komentar sobat yang sesuai dengan postingan dan Jangan melakukan tindakan Spam (memasukkan link mati apa lagi link hidup) yang dapat merugikan saya dan sobat ! ! !

 

Mengenai Saya

My Photo

Nama lengkap Herman, biasa dipanggil Herman atau Max. Mahasiswa pogram studi Pendidikan bahasa inggris universitas Haluoleo angkatan 2009. Suka belajar hal - hal yang jauh dari mata kuliah yang diambil, lebih tertarik pada tehnik komputer, blogging, dan design grafis. 

Blog Sahabat

Jangan lupa untuk mengunjungi blog sahabat dari Max's Blog. Silahkan klik banner berikut untuk mendapatkan berbagai informasi menarik dari salah satu blog sahabat saya

Read Zone

Untuk melihat daftar lengkap blog sahabat dari Max's Blog, silahkan buka halaman tukar link ^0^